PROGRAM CSR (Corporate Social
Responsibility)
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan" tertulis didalam hukum
Republik Indonesia, diantaranya adalah didalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 1
ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan
Terbatas (UUPT) yang berisi "Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah
komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan
guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi
Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya."
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep
yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai
bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana
perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai
dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan
perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana
untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat
yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat
yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Akhir-akhir ini aktivitas CSR
memperlihatkan kecenderungan yang sangat meningkat baik di indonesia maupun di
berbagai negara. Komitmen untuk melakukan tanggung jawab secara sosial disadari
bahwa keuntungan dan keberlangsungan suatu perusahaan, secara jangka panjang,
hanya bisa didapatkan dengan adanya kesejahteraan masyarakat. Tentunya akan
menjadi tidak adil jika suatu perusahaan tidak bertanggung jawab,bila
perusahaan meraup keuntungan yang besar sementara masyarakat masih dililit
kemiskinan.Permasalahan yang masih terasa sampai saat ini adalah pemahaman
mengenai CSR masih belum merata. CSR memang pada awalnya hanya dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat resiko yang tinggi khususnya
berhubungan dengan lingkungan seperti Perusahaan Minyak,Perkebunan dan
sejenisnya.Seiring dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi dan semakin
banyak perusahaan yang menjalankan CSR, perusahaan akhirnya berusaha untuk
bagaimana menjadi program CSR bagian integrasi dari keseluruhan komunikasi
perusahaan. Bagi perusahaan yang memiliki beberapa merek, maka mulai
terpikirkan bagaimana Corporate CSR bisa menjadi ”Umbrella atau payung” bagi
product CSR sehingga tercipta sebuah sinergi yang saling menguntungkan baik
bagi karyawan,masyarakat, perusahaan dan tentunya masing-masing merek.
Manfaat CSR
Keberhasilan suatu CSR dapat dilihat pada perubahan perilaku masyarakat
sebagai hasil dari kegiatan CSR yang dilakukan. Juga memperkuat image brand
atau perusahaan yang pada akhirnya pada pengingkatan pangsa pasar, meski hal
ini hanya dapat terjadi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Hasil riset
menyatakan konsumen lebih cenderung membeli produk yang memiliki tanggung jawab
sosial.Lainnya adalah terhindarnya perusahaan dari ”gesekan” dengan masyarakat
khususnya masyarakat lingkungan dimana perusahaan berada. Kasus Freeport dan
Newmont merupakan pelajaran berharga bagi kita untuk tidak mengulangi hal yang
sama.Keberhasilan perusahaan dalam menjalankan CSR dapat juga berdampak
terhadap nilai saham, dengan peningkatan jumlah investor di pasar bursa saham
yang tertarik membeli saham atas dasar simpati dan rasa percaya pada
perusahaan.
Contoh kasus :
Jasa Marga
Sebagai suatu institusi bisnis yang memiliki
core business dalam membangun dan mengelola jalan tol, Jasa Marga berorientasi
pada peningkatan laba dalam setiap aktivitas bisnisnya. Namun demikian, Jasa
Marga menyadari bahwa keberlanjutan dari keuntungan setiap bisnis dipengaruhi
oleh praktik-praktik ketenagakerjaan dan kerja yang layak kepada karyawan di
dalamnya, aktivitas menjalin komunikasi baik dengan komunitas di sekitarnya,
keberlanjutan dari lingkungan dan faktor-faktor lainnya, sehingga perhatian
Jasa Marga tidak hanya terimplementasi pada faktor keuntungan semata, melainkan
juga terhadap aktivitas pengelolaan lingkungan dan penjagaan hubungan baik dengan
stakeholders di dalamnya.
Keberlanjutan
dari bisnis Jasa Marga merupakan faktor fundamental yang menjadi perhatian dari
Perseroan. Menyadari bahwa keberlanjutan dari bisnis ini dipengaruhi oleh aspek
ekonomi, sosial dan lingkungan, Perseroan berupaya untuk tetap menjaga
eksistensi bisnis dengan berlandaskan Triple Bottom Line; People, Planet dan
Profit sebagai landasan aktivitas dalam menjaga keberlanjutan dari bisnis yang
dijalankan.
Jasa Marga
percaya bahwa melalui aktivitas keberlanjutan yang dikemasi dalam program
Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan tanggung jawab terhadap pertumbuhan
perusahaan tumbuh dan berkembang dari akar yang sama atau dengan kata lain
bahwa kepentingan akan keberlanjutan terhadap pertumbuhan perusahaan dan
tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan merupakan dua usaha yang
dilakukan oleh Perseroan yang datang dari visi yang sama dan saling melengkapi.
Program-program
TJSL yang dijalankan Jasa Marga mencakup 5 (lima) pilar utama yakni :
1. Kepatuhan pada
etika, merupakan komitmen bersama para Direksi dan Karyawan untuk melaksanakan
tugas dan kewajiban secara bersih, transparan dan professional sesuai dengan
prinsip-prinsip GCG.
2. Kepatuhan pada
hukum, adalah komitmen Jasa Marga untuk selalu mematuhi Undang-Undang dan peraturan
yang berlaku.
3. Kepedulian
pada karyawan, Komitmen Jasa Marga untuk terus mengembangkan kapabilitas
karyawan. Menyesuaikan remunerasi karyawan dengan indikator ekonomi nasional
dan hasil kinerja individual, serta melindungi karyawan, pelanggan, aset, mitra
kerja dan lingkungan dari potensi bahaya yang mungkin terjadi penerapan
prinsip-prinsip Keselamatan Kerja (K3) yang ketat.
4. Kepedulian
kepada masyarakat melalui berbagai program Bina Lingkungan atau program-program
community development, mengembangkan Program Kemitraan (PK), yang merupakan
program penyaluran pinjaman lunak kepada pelaku usaha mikro/kecil atau
koperasi, serta kepedulian terhadap konsumen melalui berbagai pelayanan.
5. Kepedulian
pada lingkungan hidup , dilakukan Jasa Marga Upaya untuk meningkatkan dampak
positif dan mengurangi dampak negatif dari aktivitas bisnis ini terus menjadi
fokus perbaikan utama, melalui program penghematan energi, serta penghutanan
jalan tol, Termasuk Penerapan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai
manajemen risiko lingkungan dalam setiap aktivitas operasional.
Sebagai
Perusahaan milik Negara (BUMN), Jasa Marga turut mendukung berbagai program
sosial BUMN Peduli bersama dengan BUMN lainnya. Dengan dilakukan berbagai
program CSR, Perseroan menunjukkan tekadnya untuk terus tumbuh, berubah, dan
berkembang secara berkelanjutan, tidak hanya sekadar mengejar profitabilitas
tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.
Analisisi
: program CSR yang dilakukan oleh
perseroan Jasamarga sudah cukup baik karena kegiatan perusahaan tidak hanya
mencari keuntungan yang bermanfaat bagi pemilik perseroan Jasamarga saja namun
juga bermanfaat bagi karyawan, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Dengan
adanya program CSR ini, karyawan merasa aman dalam bekerja karena perusahaan
telah melakukan langkah-langkah untuk mengurangi resiko kecelakaan. Bagi
masyarakat sekitar, program CSR ini bermanfaat dalam membantu meringankan beban
hidup masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu. Jasamarga juga tidak lupa
dalam turut menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon di sepanjang jalan
tol yang yang dioperasikan jasamarga
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.