Selasa, 17 Januari 2017

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN

Etika bisnis dan tanggungjawab perusahaan
Etika bisnis adalah kode etik yang diterapkan dalam perusahaan untuk melakukan kegiatan bisnisnya yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat.
 Etika bisnis ini sangat penting diterapkan dalam perusahaan agar perusahaan memiliki pondasi yang kuat dan menciptakan value yang tinggi.Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial yang merupakan bagian dari etika bisnis, yaitu adanya kesadaran perusahaan bahwa keputusan bisnisnya dapat mempengaruhi masyarakat.
Manfaat perusahaan berprilaku etis adalah:
1) Suatu perusahaan akan terhindar dari seluruh pengaruh yang merusak berkaitan dengan reputasi.
2) Kerangka kerja yang kokoh memandu para manajer dan karyawan perusahaan sewaktu berhadapan dengan rumitnya pekerjaan dan tantangan jaringan kerja perusahaan yang semakin komplek.
3) Perusahaan yang etis dan memiliki tanggung jawab social mendapatkan rasa hormat dari stakeholder.
4) Banyak perusahaan yang menerapkan perilaku etis dan tanggung jawab sosial dapat menambah uang dalam bisnis mereka.

Keputusan Etika dan Tanggung Jawab Sosial
Dalam pengambilan keputusan etika banyak model dapat digunakan untuk membuat keputusan etika, apakah perilaku dalam praktik nantinya etis atau tidak etis. Zimmmerer (1996) memberikan prinsip-prinsip umum etika yang mengarahkan perilaku, yaitu :
1. Kejujuran.
2. Integritas.
3. Memelihara janji.
4. Kesetiaan.
5. Keadilan
6. Suka membantu orang.
7. Hormat kepada orang lain.
8. Kewarganegaraan yang bertanggung jawab.
9. Mengejar keunggulan.
10. Dapat dipertanggung jawabkan

Standar etika perusahaan
1. Ciptakan kepercayaan perusahaan.
2. Kembangkan kode etik.
3. Menjalankan kode etik secara adil dan konsisten.
4. Mempekerjakan orang yang tepat.
5. Lakukan audit etika secara periodik.
7. Pertahankan standar yang tinggi tentang tingkah laku etis
8. Pemimpin memberikan contoh perilaku etis setiap saat sehingga merupakan tolak ukur perilaku bawahan.
9. Ciptakan budaya yang menekankan komunikasi dua arah.
10. Libatkan karyawan dalam mempertahankan standar etika.
B. Hal-hal yang Mempengaruhi Keputusan Bisnis
D.Tanggung Jawab Perusahaan
1) Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan
a)  Tanggung Jawab Produksi :
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan.
b) Tanggung Jawab Penjualan :
Perusahaan tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan.
2) Tanggung Jawab Sosial kepada Karyawan
· Rasa Aman para Karyawan
· Perlakuan layak oleh karyawan lain
· Perlindungan terhadap pelecehan seksual.
· Kesempatan yang sama/Hak sipil
3) Tanggung Jawab Sosial kepada Pemegang Saham
Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham). Cara perusahaan meyakinkan tangung jawab social kepada pemilik saham antara lain dengan cara:
· Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuatnya untuk kepentingan pemilik.
· Gaji karyawan dikaitkan dengan kinerja perusahaan, dalam hal ini karyawan tinggal memfocuskan pada memaksimalkan nilai perusahaan.
4) Tanggung Jawab Sosial kepada Kreditor
Jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannnya, harus memberi tahu para kreditor.
5) Tanggung Jawab Sosial kepada Lingkungan
· Pencegahan polusi udara,dengan cara peninjauan kembali proses produksi.
6) Tanggung Jawab Sosial kepada Komunitas
a)      Sponsori acara masyarakat lokal di sekitar perusahaan.
b)      Memberikan sumbangan kepada masyarakat tidak mampu.
c)       Menyumbangkan dana untuk tujuan pendidikan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar